Motivation & Soul
Success is Progressive realition of Worthwile predetermined personal of Goal   
Minggu, 20 April 2008
Keluar dari comfort zone

Kebanyakan orang bekerja bukan atas dasar passion, melainkan atas dasar kebutuhan. Memang tidak mudah menempuh karier di bidang yang kita inginkan. Maka kerap kita mendengarkan ucapan ini: “Ya, realistis sajalah. Kita harus makan, maka kita harus bekerja.” Betul! Tapi percayalah, orang yang memulai dengan dictum itu tidak akan ke mana-mana.

Orang yang mampu mencapai puncak karier, umunya mereka yang selalu mencoba bertanya kepada diri sendiri: “Apa yang membikin mata kamu menyala saat bangun pagi dan tetap asyik setelah bekerja sampai malam?” Mereka bukan jenis orang yang ketika sampai di kantor langsung menyelinap ke sudut, berharap boss tidak melihat saat mereka menghabiskan waktu dengan game komputer.

Passion adalah kunci dalam berkarier-motor yang menggerakkan manusia.

Kalau belum tahu, coba lakukan beberapa hal berikut ini: Cek tempat yang biasa kita kunjungi, jenis orang yag membuat kita bersukacita melewatkan waktu bersama, macam kegiatan yang membuat kita bisa berpekik gembira dan bilang: “Inilah saya!”

Pengenalan diri membuat kita bisa memandu diri ke arah yang paling baik. Itu bukan berarti kita menjadi yang terbaik di antara yang lain. Kita harus melihat pencapaian yang terbaik yang kita raih-bukan dengan cara memperbandingkannya dengan orang lain. Sukses tiba pada saat kita mampu menjadi yang terbaik bagi diri kita.

Dengan dasar pemikiran seperti ini, maka bila yang Anda cari adalah kebebasan berpikir serta mengekspresikan diri, pilihlah jalan wirausaha. Ini opsi yang paling waras jika kita mau hidup sesuai dengan passion pribadi. Menjadi pengusaha akan memberi kita kendali, sekecil apapun.

Di zaman ini, bukan hal gampang menjadi pengusaha. Tapi sekali memilih, saran saya, jangan pernah ragu! Sikap plin-plan akan mengebiri kekuatan kita. Saat ragu-ragu melanda, orang cenderung memilih opsi yang paling minim-yang belum tentu terbaik. Pertanyaannya: kita ingin mengambil risiko atau kesempatan? Saran saya, ambil kesempatan. Seperti kotak Pandora (ingat film Jumanji?), kesempatan akan melahirkan banyak pilihan. Di balik satu pintu yang kita buka, ada lagi dua, tiga-dan seterusnya-pintu yang bisa kita buka.

Saya tahu, banyak yang ragu menjadi usahawan karena dipandang penuh ketidakpastian. Apalagi bila dibandingkan dengan karyawan yang setiap bulan menerima gaji. Tapi apa sih yang pasti dalam hidup? Setiap pilihan ada risikonya. Perusahaan besar dan stabil pun selalu punya celah untuk diakuisisi. Ketika perusahaan diakuisisi, siapa yang bisa menjamin tidak akan terjadi pemecatan besar-besaran? Mau contoh lain? Gempa bumi bisa datang setiap saat dan menghancurkan satu-satunya kantor Anda.

Yang hendak saya katakan, ketidak pastian itu pasti. Risiko selalu ada. Tapi kita tidak perlu diam karena dipenjarakan oleh risiko. Mustahil melakukan hal yang sama tapi mengharapkan hasill yang berbeda. Banyak orang memilih menjadi pegawai bulanan ketimbang membuat pilihan berani dengan menjadi pengusaha. Tidak bisa disalahkan, menerima gaji bulanan akan menempatkan orang di zona nyaman-kendati tanpa alternatif untuk “bergerak “.

Untuk keluar dari zona nyaman, tantanglah diri Anda. Bisakah kita menjadi lebih dari kita saat ini? Terus terang ini bukan hanya soal uang. Melainkan upaya untuk menyumbangkan lebih banyak kontribusi kepada orang di sekeliling kita.

posted by JazzyFreak @ 18.51  
2 Comments:
  • At 2 Oktober 2008 pukul 01.38, Blogger Pak Guru said…

    comfort zone, semua orang pasti pernah mengahdapi dilema itu. Susah untuk keluar dari keadaan itu, padahal mungkin kalau bisa keluar dario itu keadaan lebih baik

     
  • At 7 Oktober 2009 pukul 18.22, Anonymous vee said…

    Masalahnya adalah bagaimana seandainya kita belum menemukan passion kita?? hee...

     
Posting Komentar
<< Home
 
About Me

Name: JazzyFreak
Home: Cibubur, Jakarta, Indonesia
About Me: Just an ordinnary man with a lot of dream n many creative idea in my mind..still explore it!!!
See my complete profile

Previous Post
Archives
Shoutbox

Success is a Progressive Realitation of Worthwhile Predetermined Personal of Goal

Paul J. Meyer

Links

 

Powered by



 

Google
 

 

 

 

 

RAHASIA SUKSES BISNIS DI INTERNET 

 



Free Indo Flash Mp3 Player at musik-live.net

boss-mails.com